Kamis, 28 Maret 2013

USB Multiboot, Satu Flash Disk Untuk Banyak Fungsi




Di tutorial terdahulu Kita sudah pernah membicarakan bagaimana cara membuat sebuah USB Installer untuk Windows Vista, 7 dan 8. Tapi bagaimana dengan Anda yang sering melakukan reparasi system dengan media USB, USB Installer untuk Windows saja rasa – rasanya tidah cukup. Mungkin ada yang bertanya – tanya, reparasi system itu maksudnya apa? Sekedar untuk diketahui, banyak cara memperbaiki masalah pada windows dengan menggunkan media USB Boot. Tools untuk ini pun terbilang beragam. Beberap tools yang dapat dieksekusi melalui USB Boot antara lain Active@Boot Disk, Distro Linux, Heren Boot. Antivirus dan masih banyak lagi, tidak ketinggalan tentunya Windows.

Kembali ke USB Installer untuk Windows, seperti saya jelaskan sebelumnya, kapasitas USB yang akan digunakan harus dapat memuat file Windows yang akan digunakan. Sebagai contoh, saya akan menggunakan Windows 7 All In One dengan kapasitas lebih dari 4GB, maka kapasitas USB Flash Disk yang harus saya gunakan minimal 4GB. Nah, sekarang saya telah menggunakan USB berkapasitas 8GB, setelah saya memasukkan file installer untuk Windows 7 All In One, masih tersedia free space di Flash Disk sekitar 3GB, sayang kan kalau tidak dapat digunakan (USB Flash Disk 4GB di Windows hanya useable 3,7GB dan 8GB hanya useable 7,2GB). Bagaimana jika space tersisa tersebut digunakan untuk tools boot lainnya, lebih efektif kan. Memang bisa?, jawabannya iya dan itulah yang akan kita bicarakan dalam kesempatan ini.

SELAMAT MENYIMAK !!!

Jika untuk membuat Windows 7 USB Boot kita membutuhkan Windows 7 USB DVD Tool, untuk membuat sebuah USB Flash Disk yang memiliki banyak menu boot atau biasa disebut Multiboot, ada beberapa pilihan tools (Multiboot USB Creator) yang dapat digunakan, sebut saja Xboot, Sardu, YUMI, 4Grub dan masih banyak lagi. Dalam kesempatan ini, kita hanya akan membahas satu tools saja, yaitu YUMI. YUMI (Your Universal Multiboot Installer) adalah sebuah aplikasi yang cukup ringan (sekitar 1,1 MB) dan memiliki fungsi cukup lengkap sehingga aplikasi tersebut menjadi pilihan kita. Ok, langsung saja, sediakan peralatan wajib berikut :


  • Tools wajib pertama pastinya YUMI, Anda dapat mencarinya di google atau coba langsung cari ke gudang

  • Sebuah USB Flash Disk, dalam kesempatan ini saya menggunakan USB Flash Disk dengan kapasitas 8GB.

  • File Live CD (berformat ISO) yang akan diinjek ke USB. Dalam percobaan ini saya menggunakan Live CD Active@Boot Disk, Windows XP SP3 Gold Cobra, AVGRescue CD, Linux Ubuntu 10.04 Lts dan 12.10 Lts serta Windows 7 All In One. Ingat, aplikasi ini hanya mendukung file Live CD berformat ISO

  • Seperangkat PC / Notebook.

Jika Perlengkapannya sudah siap, ikuti langkah – langkah berikut.


  • Langkah pertama sudah pasti, nyalakan PC/NB, tunggu sampai windows siap, colokkan USB Flash Disk dan jalankan YUMI, klik Agree untuk melanjutkan.




  • Setelah jendela YUMI terbuka sedapat mungkin ikuti langkah – langkah ini secara berurut, Step 1, Pilih posisi device, dalam tuutorial ini USB Flash Disk saya berada pada posisi I, checklist menu “We Will Fat32 Format I:\Drive!, kemudian di Step 2 pilih distribusi ISO yang akan digunakan, pada tahap ini saya akan memulai dengan Active@Boot Disk, karena distro ini belum tersedia, maka saya gunakan menu Try an Unlisted ISO, klik Browse untuk mencari posisi file ISOnya, jika file yang bersangkutan sudah ditemukan, klik Create untuk memulai proses injeksi MULTIBOOT




  • Selanjutnya akan ada jendela peringatan seperti berikut, klik Yes untuk melanjutkan.




  • Jika prosesnya berahasil, proses selanjutnya adalah proses pembuatan grub loader dan dilanjutkan dengan penyalinan file ISO ke dalam Multiboot, tunggu hingga prosesnya berlanjut.




  • Setelah proses di atas selesai akan kembali k jendela berikut, klik next untuk melanjutkan.




  • Setelah proses di atas selasai maka Multiboot sudah dibuat, tapi didalamnya yang ada hanya Active@Boot Disk, karena masih ada file ISO yang akan kita tambahkan, untuk jendela selanjutnya klik Yes untuk menambahkan file ISO.




  • Selanjutnya, di jendela utama YUMI, step 1 tidak perlu lagi di utak – atik, langsung saja ke step 2. Dalam tutorial ini saya akan menambahkan AVG Rescue Disk, cukup cari distribusi untuk ----Antivirus Tool----- dan pilih AVG Rescue CD (Antivirus Scanner), selanjutnya ke step 3, pilih lokasi (Browse) dan klik create.



Proses selanjutnya sama. Tahap selanjutnya untuk Linux Ubuntu 10.04


Linux Ubuntu 12.10 Lts


Windows XP


Dan terakhir, Windows 7 All In One.



  • Proses penyalinan file ISO di atas akan memakan waktu yang lamanya tergantung besar kecilnya file ISO yang bersangkutan. Dalam tutorial ini, Windows 7 All In One tentunya paling lama. Untuk jendela selanjutnya, klik No karena tidak adal lagi file ISO yang akan ditambahkan.




  • Selanjutnya klik Finish untuk menyelesaikan.



Selamat, USB Multiboot buatan kita sudah jadi, bagi yang ingin langsung praktek, silahkan restart PC/NB Anda dan boot dari USB, hasilnya akan tampil seperti berikut

Screen di atas hanya akan bertahan beberapa saat, jika Anda tidak memilih apa – apa, boot akan berlanjut ke HDD (Windows yang lama). Untuk meilih menu boot, gunakan panah atas bawah dan tekan Enter untuk memilih. Masing – masing menu boot akan ditempatkan di masing – masing distribusi. Untuk Active@Boot Disk dan Windows XP dalam distribusi Directly Bootable ISOs or Windows XP, AVG Rescue Disk ada dalam distribusi Antivirus Tools, Linux di Linux Distributions dan Windows 7 All In One di Other Operating System and Tools. Urutan grub distribusi ini tidak pasti seperti ini, tergantung fil ISO mana yang terlebih dahulu diinjekkan.

Seperti biasa, jika Anda tertarik, Anda dapat mengunduh langsung USB Multiboot, Satu Flash Disk Untuk Banyak Fungsi.Pdf  di sini

Ok, cukup sampai jelas, jika ada pertanyaan langsung aja ke blognya...
SELAMAT MENCOBA, SEMOGA SUKSES…!!!

13 komentar:

  1. Thanks gan... mantap!!

    mau tanya. kalau sudah finish, kita mau menambahkan boot yang lain bisa?
    atau mesti dari langkah awal lagi?

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending ulangi dari awal, sebab kalaupun bisa kadang filenya cacat/corrupt...

      Hapus
  2. kalo windows 7 ama windows 8 bisa gak ?

    BalasHapus
  3. hy mas, gini. saya multiboot ubuntu sma windows 7,
    to the point saja, sewaktu pengcopyan windows 7, tepatnya pada pengcopyan file autorunx tidak bisa di copy, dan hasil pengcopyan data windows 7 tuh tersimpan di flashdiks, bukan di folder.
    dan tidak ada pilihan tuh di yumix pas dipake booting. tolong pencerahanx gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo copynya gagal yang bermaslah bisa jadi file ISO atau USBnya, hasilnya memang untuk Windows 7 filenya kluyuran di luar Folder, untuk proses bootnya pilih menu "Other Operating System & Tools", gunakan panah atas bawah untuk memeilih dan tekan Enter untuk masuk....

      Hapus
  4. kalo windosw 7 dan 8 bisa gak ?

    BalasHapus
  5. saya sudah mencoba berkali2 Yumi n Sardu selalu gagal, ada muncul grub4dos pada Sardu. Please help. Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tools yang digunakan SARDU memang butuh grub4dos, di tutorial ini saya menggunakan YUMI, pastikan versi yang digunakan sama dengan yang saya gunakan....

      Hapus
  6. pak apa bisa di tambah hirenboot juga...?

    BalasHapus